Perawatan dan Pencegahan Kanker Prostat

Kanker prostat dapat didiagnosis dari hasil-hasil tindakan pemotongan jaringan dengan jarum pemotong pada kelenjar prostat. Selain itu, dokter juga biasa melakukan pemeriksaan secara manual dengan pemeriksaan dubur dengan jari-jari atau dengan tes darah dan hasilnya ternyata tidak normal, maka kondisi ini bisa dicurigai adanya kemungkinan kanker prostat.

D. Pencegahan Kanker Prostat

Tidak ada tindakan-tindakan spesifik yang diketahui untuk mencegah perkembangan kanker prostat. Pada saat ini, kita hanya dapat berharap untuk mencegah peningkatan kearah yang lebih buruk dari kanker dengan membuat diagnosis-diagnosis dini dan kemudian mencoba menyembuhkan penyakit.

Berdasarkan beberapa penelitian pada binatang-binatang dan manusia, tindakan-tindakan diet tertentu telah disarankan untuk mencegah kemajuan dari kanker prostat. Contohnya diet-diet rendah lemak, terutama menghindari daging-daging merah karena diperkirakan bisa memperlambat pertumbuhan tumor-tumor prostat dengan suatu cara yang masih belum diketahui.

Selain hal diatas, kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi produk-produk kacang kedelai, yang bekerja dengan mengurangi jumlah dari hormone testosteron yang beredar di dalam darah juga dilaporkan dapat menghalangi pertumbuhan tumor-tumor prostat. Studi-studi lain juga menunjukkan bahwa tomat, mineral selenium dan vitamin E mungkin bisa memperlambat pertumbuhan tumor-tumor prostat dalam suatu cara yang masih belum dimengerti.

E. Perawatan Kanker Prostat

Untuk membuat keputusan pada perawatan untuk seorang pasien secara individu, dokter-dokter menggolongkan kanker prostat pada kanker pada organ kelenjar, berlanjut pada kanker secara local. Kanker ini biasanya dirawat dengan melakukan operasi, terapi radiasi, terapi hormone, cryotherapy, dan kombinasi-kombinasi dari perawatan-perawatan tersebut.

Kanker prostat yang telah menyebar jauh atau melebar sampai saat ini belum ada pengobatan secara khusus. Perawatan-perawatan untuk kanker prostat yang menyebar, juga dilakukan dengan terapi hormone dan kemoterapi. Terapi ini hanya berfungsi untuk meringankan dan tidak menyembuhkan. Secara definisi, tujuan-tujuan dari perawatan yang meringankan adalah, paling bagus, memperlambat pertumbuhan tumor dan meringankan gejala-gejala pasien.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Prostat and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.