Gejala Kanker Prostat

Bagi Anda yang belum pernah memeriksakan kesehatan secara umum terhadap perkembangan kanker ini, sebaiknya mulai sekarang harus mengubah pikiran Anda akan hal itu karena pada stadium-stadium awal, kanker prostat sering tidak menyebabkan gejala-gejala selama bertahun-tahun.

Sebagai suatu kenyataan, kanker ini sering ditemukan dengan suatu kelainan pada tes darah atau sebagai suatu benjolan yang keras pada kelenjar prostat. Biasanya, dokter merasakan benjolan waktu pemeriksaan rutin dubur secara digital atau dilakukan dengan jari.

Stadium kanker prostat

Kelenjar prostat terletak di depan antara kandung kemih dan dubur (rectum). Ketika kanker membesar dan menekan saluran urin, aliran urin akan berkurang dan kencing menjadi lebih sulit. Penderita dapat juga mengalami rasa terbakar sewaktu kencing atau terdapat darah di dalam urin. Ketika tumor berlanjut tumbuh, ia dapat memblokir secara penuh aliran urin.

Pada stadium-stadium selanjutnya, kanker prostat dapat menyebar secara local ke jaringan sekelilingnya atau simpul-simpul getah bening yang berdekatan, yang disebut simpul-simpul pada pinggul. Kanker kemudian dapat menyebar bahkan lebih jauh ke area-area lain tubuh. Kanker prostat biasanya menyebar pertama-tama ke tulang belakang bagian bawah atau tulang-tulang panggul. Penyebaran ini menyebabkan nyeri belakang atau nyeri panggul. Kanker kemudian dapat menyebar ke hati dan paru-paru.

Pada stadium dini tidak bergejala. Setelah kanker berkembang muncul gejala tetapi tidak khas, menyerupai gejala Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) yaitu penyakit pembesaran prostat jinak yang sering djumpai pada pria usia lanjut. Akibatnya, kedua penyakit ini sulit dibedakan sehingga diperlukan pemeriksaan yang dapat mendeteksi dini dan sekaligus membedakan antara kanker prostat dan BPH.

Gejala Kanker Prostat

1. Sering kencing
2. Sulit kencing
3. Nyeri saat berkemih
4. Urine (air kencing) berdarah
5. Nyeri saat ejakulasi
6. Cairan ejakulasi berdarah
7. Gangguan ereksi
8. Nyeri pinggul atau punggung, dll


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Prostat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.